.tentang mengerti.

kita punya ruang untuk merasa nyaman bersuara, saat yang lain me-nuli. bagiku, itulah menulis. tak seberapa penting orang akan menghargai tulisanmu, karena kau sedang memerdekakan sedikit rasa.

Konyol mungkin kedengarannya, tapi aku akan memilih menulis_apapun itu_untuk melegakan perasaan. Mengapa? Ehm, adakalanya bagiku egoisme terlalu bertebaran dan orang lebih memilih untuk meninggikan suaranya. Dan, aku rasa tak tepat untuk aku bercerita, atau lebih seringnya aku tak bertemu dengan orang yang tepat.

Ya, perasaan yang tepat dengan orang yang tepat. Aku mungkin berteman dan kenal dengan banyak orang, tapi hanya sedikit yang membuatku nyaman untuk menceritakan cerita terdalam dari diriku. Well, mungkin ini klise dan tiap orang juga begitu. Makanya, ku bilang, aku memilih untuk menumpahkan semuanya dalam tulisan. Lembaran kertas begitu jujur, dan keyboard tak pernah lelah menanggapi tulisan meski ku hapus berulang kali.

Balik lagi, tulisan ini ku beri judul ‘tentang mengerti’. Kenapa? Entahlah, mungkin aku sedang berharap dimengerti oleh seseorang. Entah siapa itu. Dimengerti ini, itu, rasa ini, rasa itu. Yeah, mungkin aku sedang memasuki masa ‘perasa’ kali ya. Terserahlah.

Jadi apa maksudnya judul tadi?

Baiklah, aku berharap ‘engkau’ yang aku harapkan membaca, benar-benar membaca tulisan ini. Meski mungkin nanti aku akan menyesal pernah berharap.

“Kau tau, tak mudah untuk menghapus sebuah cerita. Tak segampang menekan ‘backspace’ lalu menulis ulang. Bukan, memang bukan tentang jalan yang pernah kita lewati bersama, sama sekali bukan. Aku tak sesali itu, tak pernah. Tapi adakah kau tau, awal yang memuarakan akhir, lalu berpaling darimu, itu teramat sakit. Aku tau kau tak tau bahwa ini sakit. Karena itu kubilang padamu.”

Sudah, ini saja.

Gambar 

Leave a Reply

