.berisik.

sejak kecil yang aku tahu, orang tuaku akan marah jika melihatku melakukan hal yang salah. karena itu aku takut untuk melakukan sesuatu yang tidak pada tempatnya. pola ini sepertinya menjadi sebuah kebiasaan. bagiku, akan ada selalu rasa takut jika aku ingin melakukan sesuatu. aku takut orang-orang disekelilingku akan marah. akan memarahiku jika apa yang kulakukan tak sesuai standar kebenaran.

well, nyatanya aku harus mengubah sedikit pemahaman ini. karena ternyata standar kebenaran itu begitu bias hari ini.

sederhana saja:

aku pikir, orang-orang memandangku aneh dengan pakaian ini (jilbab dan kerudung). aku pun takut awalnya. takut ditinggal oleh teman-teman. takut dipandang sok alim. takut dianggap keras dan tak peduli dengan orang lain. 

nyatanya, karena standar kebenaran mereka yang ‘aneh’ aku menjadi ragu dalam pilihanku. karena itu, yang aku pahami sekarang, ‘kau tak perlu standar dari manusia, karena standar terbaik hanya dari Allah’.

Contoh lain:

hura-hura, kumpul dengan lawan jenis campur baur, tertawa dengan berlebihan, pun sangat aku takuti untuk dilakukan. pertama karena itu tidak pernah dicontohkan oleh ke dua orang tuaku. maka aku pikir, itu adalah perbuatan yang salah. tapi faktanya?

Hhh, kau akan mudah temukan semua kegiatan tadi di kampus ini. dan tak ada dosen yang memperingatkan “nak, kenapa kau melakukan perbuatan itu?”. Yang ada justru dipuji.

Inilah jika standar kebenaran itu berbeda.

 

2 thoughts on “.berisik.

  1. standar akan selalu berbeda, ketika memang tidak ada aturan yg satu yg mengatur kehidupan ini. aturan dari Yang Maha Mengetahui tentunya

Leave a Reply

