Apakah kamu mau diatur oleh Allah, Arini?

Sebagai seorang muslim, yang sudah sejak lahir, merasa ‘sudah’ Islamis, ya tentu saja. Sampai, saya menyadari kenapa tidak seluruh muslim tampak seperti seharusnya ‘muslim’ dalam bersikap? Kenapa menjadi muslim sejak lahir, tidak lantas menjadikan ia, benar benar ‘muslim’ dalam berpikir?

Seorang teman mengatakan pada saya bahwa Islam is not just spiritual believe, It is way of our life. Itu kemudian mengubah pandangan saya, bahwa memeluk dan meyakini Islam, adalah mengambil seluruh ajaran Islam, lalu menerapkannya secara totalitas dalam kehidupan saya. Kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat, bernegara. Sederhananya, mengaku Islam, sama halnya memberi saya sebuah pertanyaan, apakah kamu mau diatur oleh Allah, Arini?

Ranah pribadi misalnya, tapi masih banyak banget yang belum bisa aku lakuin. Aku masih khawatir bakal buka pasang kerudung, masih belum lancar baca quran, masih pacaran.

Beberapa orang yang saya temui, pernah melontarkan ketakutan ketakutan itu. Dari apa yang saya pahami, semua itu kadang punya pangkal yang berbeda, sehingga harus dijawab dengan berbeda pula. Kadang, ada yang benar-benar tidak paham. Kadang, ada yang tersalah paham. Kadang, ada yang menyalahi paham.

It doesnt mean I am a perfect moslem. No. Saya juga melakukan kesalahan demi kesalahan. Kita semua pernah melakukan kesalahan. Tapi, kita bisa memperbaikinya kan? Ya, selama kita punya waktu. Diberi waktu. Waktu untuk berbenah, waktu untuk memperbaiki diri.

And, I keep asking my self a big question to help me remember that. Mengapa saya beriman pada Allah? Dan ya, ini sangat membantu saya utk sadar kembali ttg tujuan hidup saya. Bahkan, jika saya mulai merasa saya ga bisa, saya ga mampu, saya akan tersadar, Allah gak pernah meminta sesuatu di luar batas mampu saya. Tinggal, saya berusaha atau tidak. Saya bersungguh-sungguh atau tidak. Saya, lagi lagi, benar-benar mau diatur oleh Allah atau tidak?

***

 

 

Leave a Reply

