Terbuai Angin di Tanjung Raya (Part 1)

Dulu sekali, aku pernah dibayar untuk menaikkan dan menurunkan sang saka merah putih. Setiap pagi, kadang masih belum mandi, ku dekap sehelai kain yang tak lagi baru itu. Kubawa dan kuikat pada tali yang melekat pada tiang bendera yang selalu bersuara nyit, nyit, nyit, kalau angin bertiup terlalu kencang. Lalu sore hari, sebelum gelap menaungi, akan kutarik ia segera turun. Kadang, belum sempat dilipat, cukup tergumpal dalam pelukan, ia sudah kubawa berlari dan kuletakkan di rumah, sebelum esok ia berkibar kembali.

Dulu sekali, hanya ada ayah dan ibu, yang menjadi Pak dan Ibu yang digugu dan ditiru. Maka, recehan rupiah penambah uang jajan ditawarkan padaku, naik dan turunkan bendera tiap pagi sama petang, nanti abah gaji. Betapa senangnya aku kecil kala itu. Mengibarkan merah putih di depan bangunan beruangan tiga, lengkap dengan sengnya yang berderak. Itu tugas mulia dan menguntungkan buatku, bayarannya tentu saja penting.

Abah pernah bilang, bendera di depan sekolah harus tetap naik selama hari aktif sekolah, kalau tidak abah bisa ditangkap. Aku takut, kala itu kupikir babinsa yang berkantor di kampung bisa melaporkan dan menangkap abah. Jadilah, aku kian waspada dan hati hati, tugasku tak main-main bukan, kawan?

Bendera itu pasti sudah diganti kini dengan yang baru. Yang menaikkan dan menurunkannya antara abah atau mamak bergantian, atau mereka berdua bersamaan. Tak ada lagi aku, atau adikku yang dulu juga jadi penerusnya (dan menerima gaji yang lebih tinggi). Bendera itu tetap berkibar sampai hari ini, terbuai angin di Tanjung Raya.

(bersambung)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s