Episode Pertama

Hari itu hari Minggu. Aku ditunggu seorang kakak, yang menyebut dirinya ‘uni’, sudah sejak pagi. Jarak tempatku berada dengan lokasi kami akan bertemu mungkin tak lewat dari 20 menit ditempuh dengan angkot. Tapi malas lebih dulu mengurungku. Kuminta selepas lohor. Iya, tak mengapa, uni tunggu, katanya. Aku jengah, ah mau bagaimana lagi. Selepas ashar, aku terpaksa menjumpainya.

Aku pernah belajar bermain peran. Menurutku tak susah menunjukkan wajah menerima meski sebenarnya hati ragu. Pertemuanku sore itu, setidaknya memberiku panggung latihan. Aku ditawari ikut kajian rutin mingguan. Berawal karena rasa tak enak, aku menerima saja.

Minggu berlalu. Bulan berganti. Kau pikirlah sendiri, kalau menurutmu baik, ambil. Kalau tidak, cari yang lain. Kalimat ini muncul dari mulut kakakku. Aku paham maksudnya. Ini tentang keseriusan mengaji. Aku ini, mau sampai kapan main-main?

Apa yang aku tolak dari semua yang diberikan padaku? Ah, bukan. Apa yang bisa aku tolak?

Pertemuan pertama, aku bernostalgia dengan kata-kata iman. Itukan kata lama. Siapa yang tak tau? 

Pertemuan kedua, masih iman. Iman itu ditempuh lewat pemikiran. Ah ya memang. Mamakku pernah bilang.

Pertemuan ketiga, aahh masih iman. Kebenaran rasul, kebenaran kitab. Ya, ya… ini pernah kudapat.

Pertemuan ke…, ah aku lupa. Muncul kata kapitalisme. Alisku berkerut. Apa ini? Menyusul sosialisme. Menyusul ideologi. Disinggung lagi Islam. Berbelit. Berputar. Tapi aku tertantang.

Ayat Al Quran dibuka. Hadits diurai. Ceritera shahabat dialurkan. Nafsiyah diri dikulik. Hari itu, aku mulai terpukau.

Aku tak takut jatuh terlalu dalam.

Ini bukan lubang.

Aku tak takut kehilangan kendaliku.

Aku hanya…teralihkan.

Aku hanya menemukan dunia yang lebih luas, lebih nyata.

Aku hanya…

…telah jatuh cinta.

Leave a Reply

